Senin, 28 Desember 2015

Tepat pada tanggal 22 Desember lalu, ISMAFARSI telahmenggenapkan umurnya menjadi 60 tahuntelah cukup baginyauntuk makan garam dan mengumpulkan pengalaman diumurnya yang telah melebihi setengah abad dewasa iniISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi SeluruhIndonesia) merupakan kelanjutan dari organisasi MahasiswaFarmasi Seluruh Indonesia (MAFARSI) yang pada saat itumerupakan suatu organisasi mahasiswa intra universitasprofesional pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia.MAFARSI didirikan pada tangal 22 Desember 1955, diKaliurang – Yogyakarta, dan mengalami pergantian nama padatanggal 10-19 Oktober di Bukit Tinggi menjadi ISMAFARSI.

ISMAFARSI sendiri merupakan organisasi advokasimahasiswa farmasi Indonesia yang terdiri dari lembaga-lembagakemahasiswaan institusi farmasi yang fokus terhadappendidikanpenyediaan informasijaringanpromkes sertamempersiapkan generasi farmasis yang berkualitas.

ISMAFARSI sebagai sebuah organisasi kesehatan tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 50-an mempunyai banyak manfaat bagi mahasiswa/i farmasi pada khususnya dan orang sekitar pada umumnya. Manfaat secara umum dari ISMAFARSI yaitu kemampuan menyelesaikan masalah dan mampu menentukan pilihan terbaik (prioritas) dalam menghadapi suatu masalahteman dan sahabat (jaringan sosial) hingga jaringan kerja, keahlian spesifik hingga popularitasbelajar untuk menyampaikan pendapat, ide, dan gagasan; belajar cara berdiplomasi, bernegosiasi, melobi, atau mempengaruhi orang secara persuasif; kemampuan untuk memahami karakter orang lain.

Memang sebagai sebuah organisasi mahasiswa ISMAFARSI terkadang kurang terasa manfaatnya bagi mahasiswa/i farmasi yang tidak aktif dalam ISMAFARSI itu sendiriMengapa hal ini terjadi? Karena mereka yang tidak aktif dalam ISMAFARSI, hanya menunggu dan menunggu apa manfaat ISMAFARSI yang bisa diperolehnya. Seharusnya mereka yang menunggu itu harus tersadar, bahwa mereka harus berkontribusi dalam ISMAFARSI agar bisa melihat manfaat-manfaat dari ISMAFARSI karena ketika kita sudah terjun dan aktif dalam berbagai kegiatan ISMAFARSI, kita akan mengetahui banyak manfaat yang bisa diperoleh, seperti yang telah dipaparkan di atas. Jadi, marilah kita mengenal ISMAFARSI lebih dekat dan lebih dalam lagi dengan cara ikut kontribusi secara aktif dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh ISMAFARSI.

Alasan yang tepat, kenapa mahasiswa/i farmasi harus ikut serta dan aktif dalam ISMAFARSI adalah agar para mahasiswa/i farmasi dapat memajukan farmasi di Indonesia hingga pada tingkat Internasional nantinya, mengenalkan farmasi dan profesi apoteker kepada masyarakat umum, ikut serta dalam pengambilan kebijakan kesehatan oleh pemerintah yang tentunya juga melibatkan mahasiswa/i farmasi, serta adanya peningkatan daya saing dalam dunia kerja, mengharuskan kita para calon tenaga kefarmasian untuk lebih aktif dalam menyingkapi masalah kefarmasian demi persaingan global yang lebih besar dengan tenaga kefarmasian di luar negeri.

Kelahiran organisasi ini dilandasi oleh kesadaran bahwamahasiswa farmasi Indonesia perlu menjalin komunikasi untukmemecahkan permasalahan yang ada. Sekarang, ISMAFARSI  telah dapat menaungi semua mahasiswa farmasi di Indonesia dan mampu menunjukkan taringnya dalam hubungan kerjasamadengan Internasional Pharmaceutical Student Federation (IPSF).Dengan adanya hubungan kerjasama ini, diharapkan adanyapengembangan dan kemajuan di bidang kesehatan Indonesia.Dirgahayu ISMAFARSI yang ke-60. Semoga dengan bertambahumurnya Semakin Jaya, sehingga nama farmasis lebih dikenalmasyarakat luas.

0 komentar:

Posting Komentar