Senin, 13 April 2015

Beberapa hari yang lalu Universitas Sriwijaya menjadi tuan rumah penyelenggara rangkaian kegiatan LKMMF II ISMAFARSI Sumatera II. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang secara rutin diadakan setiap tahunnya oleh ISMAFARSI dengan tujuan menciptakan kader yang bertanggung jawab, berkepribadian, dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang profesional dan berintelektual tinggi serta peduli terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kefarmasian. Selain itu juga bertujuan untuk mengembangkan wawasan mahasiswa atau pun mahasiswi farmasi Indonesia dalam bidang kesehatan khususnya kefarmasian.
Kegiatan dengan tema “Pemimpin Teladan bedulur di Bumi Sriwijaya” dimulai dari 26-29 Maret 2015 lalu. Sebanyak 51 orang delegasi dari 7 komisariat di Sumatera Wilayah 2 termasuk Universitas Sriwijaya. Selama 3 hari, para peserta mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan antara lain welcome party, screening test, berbagai macam materi dan simulasi, workshop, outbond dan terakhir closing party.
Pada hari kamis peserta disambut dengan welcome party, dilanjutkan dengan screening test mengenai ISMAFARSI, essay yang dibuat dan isu-isu kefarmasian. Malam telah larut sehingga dilanjutkan esok hari. Hari jumat, diawali dengan senam pagi, peserta mulai bersiap menerima materi. Ada 3 materi yang akan diterima hari ini antara lain Workshop Patient Counseling Community oleh ibu Rennie Puspa Novita,M.Farm,Klin,Apt. selaku dosen Farmasi Unsri, Strategi Kepemimpinan oleh AR Haderani, menteri advokasi BEM KM Unsri dan Psikologi Massa dan Manajemen Aksi oleh presiden mahasiswa Unsri, Febri Walanda. Peserta dilatih mengedukasi pasien dengan memberi konseling akan resep yang didapat. Ini sungguh berguna sebagai bekal seorang farmasis di masa depan. Peserta belajar perlunya mengelola kepemimpinan yang sudah dipegang dengan memperhatikan manajemen diri dan lingkungan, serta adanya konsolidasi dan networking yang luas sehingga kepemimpinan tercapai menyeluruh. Sore hari dilakukan simulasi aksi di lapangan terbuka dengan tuntutan kepada Presiden yakni JKN vs KIS: Tuntaskan JKN dan Hapuskan KIS. Permasalahan ini dirasa cukup krusial melihat kebingungan yang timbul di masyarakat akan hal ini. Simulasi berlangsung cukup singkat, namun sangat mengobarkan semangat para delegasi. Pada malam hari screening test kembali dilanjutkan.
Sabtu pagi peserta melakukan kegiatan outbond. Terdapat 5 post yang harus didatangi tiap kelompok. 5 post tersebut memiliki tantangan dan aturan yang berbeda-beda. Setiap tantangan yang diberikan memiliki tujuan tertentu seperti melatih kerjasama, kekompakan, kesabaran, menyatukan pikiran dan kekuatan serta ketelitian. Setelah selesai kembali dilanjutkan dengan materi isu strategis kefarmasian dan IPE oleh Shaum Shiyan,M.Sc,Apt. selaku dosen farmasi Unsri. Beliau menyampaikan beberapa isu kefarmasian yang sedang hangat antara lain UKAI, IPE, kasus pemberian salah etiket salah satu perusahaan obat, dan sebagainya. Selanjutnya workshop kesekretariatan oleh SA kesekretariatan ISMAFARSI wilayah dan nasional, Suci Amaliyah Indah Lestari dan Hana Ghina Chairunnisa. Adanya pengenalan SOP kesekretariatan ISMAFARSI sebagai acuan dalam pembuatan surat-menyurat yang berhubungan dengan ISMAFARSI.
Malam harinya terdapat materi advokasi oleh Lumantar Wahyudi dan selayang pandang ISMAFARSI beserta tafsir konstitusinya oleh Sekretaris Jendral ISMAFARSI, Ridho Muhammad Sakti. Beliau menyampaikan materi dengan menerapkan Focus Group Discussion. Peserta mendiskusikan suatu kebijakan yang akan diberlakukan yakni UKAI, Uji Kompetensi Apoteker Indonesia. Diakhir materi Sekjend memberikan post-test mengenai ISMAFARSI.
Keesokan harinya kegiatan selesai ditutup dengan closing party. Terbentuknya nama angkatan yakni Neuron. Diumumkan peserta terbaik putra dan putri, yakni Syarif Rizkullah dari STIFI YP Padang dan Asfaraeni Rahma dari Universitas Sriwijaya Palembang. Dengan begitu, berakhirlah sudah rangkaian kegiatan LKMMF II ISMAFARSI Sumatera II. Salah satu delegasi mengatakan, “Hari ini, kami bertekad, akan bersama menjadi lulusan kader LK 2 ISMAFARSI Wilayah Sumatera II yang siap memajukan ISMAFARSI lebih baik kedepan, berkontribusi aktif demi terwujudnya ISMAFARSI Luar Biasa!”. (at)

0 komentar:

Posting Komentar