Selasa, 04 Februari 2014



Kenali Kanker dan Cegah Sebelum Terlambat

    
    Tiap tahunnya sejak 2005,  4 Februari ditetapkan sebagai Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day. Kanker bukanlah penyakit yang dapat dipandang sebelah mata dalam artian peduli  terhadap penyakit kanker itu penting. Sebab lebih dari separuh negara-negara di dunia tidak memiliki program penanggulangan kanker komprehensif yang dapat menyelamatkan nyawa. Namun jangan salah menyimpulkan kanker pasti berujung kematian atau menganggapnya hanya sebagai masalah kesehatan.
     Tau gak sih apa kanker itu? Penyakit Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel abnormal ini kemudian menyerang bagian terdekat  atu berpindah ke daerah yang jauh dengan jalan masuk ke pembuluh darah.
      Hampir semua penyakit kanker tidak memiliki gejala yang serius, sehingga seringkali gejala-gejalanya terabaikan dan lambat laun berada pada tahap stadium parah. Gejalanya bisa berupa demam, penurunan berat badan, batuk yang berkepanjangan, benjolan hingga nyeri dan pendarahan.
      Kanker sulit disembuhkan jika sudah parah, Hasil riset menunjukkan bahwa 43% kasus kanker sebetulnya bisa dicegah melalui pola hidup sehat seperti memberikan lingkungan bebas rokok pada anak-anak, aktif bergerak serta beraktivitas, makan makanan sehat dengan pola yang  seimbang, mencegah kegemukan dan juga menghindari terlalu banyak sinar matahari.
   
   Yuk kenali kanker dan cegah sebelum terlambat! Selamat Hari Kanker Sedunia.



0 komentar:

Posting Komentar